Seni kontemporer seni Modern Indonesia

Tags

Seni kontemporer seni Modern Indonesia - Seni Kontemporer, Pada tahun 1980 an merupakan tahun - tahun kreatif dengan ditandai oleh kedatangan teknologi komunikasi modern. Pergolakan seni Indonesia modern telah ditunjukan sejak tahun 1970 an.

Baca juga artikel : Karya seni lukis bentuk abstrak

Gerakan Seni Rupa baru Indonesia telah menunjukan bahwa gerakan tersebut merupakan gerakan juga merupakan kelompok seniman pertama setelah PERSAGI. Gerakan tersebut ternyata mempertanyakan arah yang akan diambil seni modern Indonesia selama tahun 1970-an. Hal tersebut merupakan awal kehadiran yang singkat namun penting.

Seni kontemporer seni Modern Indonesia

Dengan melalui pameran karya- karya yang tidak biasa sebagai cerminan dari sikap gerakan dan sangat kontroversial dengan kecenderungan baru yang tegas dan pada tahun 1974 yang diakui telah mengilhami sejumlah karya termasuk juga seni instalasi.

Terdiri atas beberapa bagian dalam satu unit ini adalah fungsi dari seni instalasi dan juga diperuntukan pada karya seni, yang dalam karya- karya seni ini terdapat pesan- pesan sosial dan pada tahun 1990 - an cara ini merupakan bentuk cara ungkap yang sangat disukai.

Perdebatan yang berkaitan dengan kemunculanya sebagai sebuah bentuk karya seni juga pandangan dibelakangnya adalah yang dikenal dengan "Seni Tinggi" dan "Seni Rendah". Sedangkan yang kedua merupakan dan pada khususnya mencerminkan juga membangkitkan kesadaran di dalam masyarakat seni mengenai keadaan lapisan sosial yang lebih rendah, yang dengan karenanya terlihat sebagai ungkapan keprihatinan sosial.

Apa yang dikenal sebagai realisme fotografis adalah keprihatinan sosial yang juga merupakan ciri dari kategori karya dengan bahan lain. Pemunculan yang amat banyak poster berwarna, billboards dan iklan akan segera memperoleh pengakuan diantara seniman Yogyakarta yang merupakan tempat realisme dan dari sejak dulu populer.

Dengan menempatkan foto disepanjang permukaan yang dilukis para seniman bereksperimen  dengan melalui kolase. Seperti gambar- gambar lensa yang menghasilkan gambar yang tajam dan tegas melalui optik lensa kamera sangat menarik dan mutlak untuk perkembangan realisme fotografis. Kemungkinan baru untuk mengungkapkan perhatian terhadap masalah- masalah sosial seperti masalah gender serta perbedaan kelas dengan melalui penawaran lukisan foto realis.

Seniman wanita Indonesia telah meneruskan kehadiran mereka menjadi terasa dalam dunia seni walaupun tidak terlalu agresif menurut ukuran internasional. Pengasuhan anak merupakan kebiasaan yang lumrah dan istirahat panjang segera setelah menikah untuk tugas- tugas rumah tangga.

Dengan demikian tidak mengejutkan jika kelompok wanita seniman profesional pertama tidak didirikan hingga akhir tahun 1980- an. Perjalanan untuk memperoleh pengakuan bagi beberapa orang mudah berkat bantuan lingkungan yang mendukung, Sedang bagi yang lain sulit dan lambat. Sekalipun demikian, setiap orang telah berhasil dalam mengukir tempat khusus untuk dirinya sendiri.

Demikian Seni kontemporer seni Modern Indonesia semoga bermanfaat.