Musik Afrika dan beberapa alat musik Afrika ~ Tokoh pemusik

Tags


Musik Afrika dan beberapa alat musik Afrika - Musik yang dimainkan orang - orang Afrika pada umumnya disebut dengan musik Afrika yang tinggal di daerah selatan gurun Sahara yang terdiri dari 50 suku bangsa. Lengkap dengan berbagai budaya dan bahasanya dan merupakan percampuran di setiap suku bangsanya yang memiliki sejarah masing- masing.


Terdapat ciri khusus walaupun musik Afrika berbeda- beda serta memiliki kualitas seperti pola pengulangan atau repetisi yang teratur serta digunakan sebagai dasar dalam bermusik. Contohnya adalah musik mbira yang merupakan musik orang- orang Shona dari Zimbabwe. 

Dengan berbagai pola pengulangan yang dihasilkan dari berbagai instrumen yang saling berinteraksi terdapat dalam musik mbira ini. Sedangkan para pemusiknya mengembangkan sebuah improvisasi yang merupakan pola pengulangan utama tersebut. Kombinasi secara terus- menerus antara alat musik yang berbeda - beda atau disebut dengan polyphony (polifonik) yang merupakan karakter serta sifat dari musik Afrika.

Musik Afrika dan beberapa alat musik Afrika ~ Tokoh pemusik

Kualitas komunikasi tertentu juga dimiliki musik Afrika seperti instrumen musik, suara yang berbeda dan bagian tubuh dari pemusik dapat digerakan dan dimainkan dan menjadi sebuah sarana pertukaran informasi yang hidup seperti gerakan tangan dan kaki para pemusik Afrika.

Alat musik dan sisi instrumen musik Afrika sangat dekat dengan kehidupan keseharian masyarakatnya dan dapat dilihat melalui bahan yang digunakan untuk membuat alat musik seperti perkusi yang pada bagian seperti , labu- labuan, kayu dan tanah liat. Sedangkan untuk membran drum terbuat dari kulit kambing, kulit sapi, kulit reptil dan kulit binatang lainya.

Dalam berburu binatang masyarakat Afrika memiliki tradisi kuat dalam berburu binatang yang tidak hanya untuk konsumsi pangan akan tetapi juga kesenian, sehingga tercipta alat - alat musik tradisional Afrika.

Berikut ini beberapa alat musik Afrika antara lain : Drum ( drum gesek, lonceng dan drum bicara). Drum gesek suara yang dihasilkan dengan menggesek membran, drum lonceng dimainkan satu pemain dan drum bicara berbentuk seperti jam pasir. Kenapa disebut drum gesek? karena digunakan untuk meniru suara manusia dalam berbicara.

Alat musik lainya adalah seperti bel, peluit, trumpet yang terbuat dari tanduk binatang, kecapi, flute yang terbuat dari kayu atau bambu dan tulang, Lyra, Sitar, harpa, Pot tembikar, Lamellaphone, stik pukul, Gong, Timbila, Gendang labu, Hausa algaita dan klarinet  yang terbuat dari jagung guinea.

Tokoh pemusik Afrika antara lain : Miriam Makeba, Soul Brothers, , Hugh Maskela, Abdullah Ibrahim, Kanda Bongo Man, Diblo Dibala, Papa wemba, Mblia Pel, O.K Jazz, Loketo, Salif Keita, King Sunny Ade dan sebagainya.

Demikian Musik Afrika dan beberapa alat musik Afrika ~ Tokoh pemusik semoga bermanfaat.