Contoh karya seni teater tradisional mancanegara yang terdapat di Asia

Tags


Contoh karya seni teater tradisional mancanegara yang terdapat di Asia - Kesenian teater yang masih terikat dengan aturan kedaerahan setempat atau adat masing- masing setempat itulah yang dimaksud dengan karya seni teater mancanegara. Apakah saja yang termasuk seni  teater tradisional? berikut ini simak beberapa seni teater mancanegara di Asia.


Contoh karya seni teater tradisional mancanegara yang terdapat di Asia

Nok apa itu teater Nok? adalah sebuah drama tradisi Thailand dari provinsi - Provinsi Selatan, dan dengan berakhir keagamaan dalam pertunjukan dalam lakon nok ini. Merupakan sebuah perkembangan musik Thailand yang berupa lakon jatri. Nok memiliki arti di luar atau selatan

Nibhathin Ini merupakan suatu pertunjukan roh yang berasal dari Burma dan para penghibur keliling pemain dari teater ini dan dengan menggunakan agam sebagai payung bagi aktivitas sekuler mereka.

Trott suatu pertunjukan drama tari di daerah pedesaan kambodia yang berupa tari berburu rusa dengan para pemain bertopeng dengan tema serta penggambaran seperti raksasa, lembu jantan, , wanita, pemburu dan rusa- rusa.

Hat cheo merupakan pertunjukan tertua dari Vietnam yang berkembang dari tarian- tarian dan nyanyian juga lawakan rakyat pada musik panen pada saat kesenian tersebut dipertunjukan, dan lambat laun kesenian ini menitikberatkan pada sindiran sosial.

Kabuki ini merupakan sebuah teater yang berasal dari Jepang dan mengalami evolusi pada awal abad ke - 17. Tiga huruf Jepang merupakan asal muasal dari istilah Kabuki, ka yang berarti nyanyian, bu berarti tarian dan ki berarti ketrampilan.

Ciri dari kabuki ini dengan berbentuk kalimat demi kalimat yang diucapkan oleh para aktor dan ketrampilan menggunakan pedang. Selain itu kostum yang digunakan juga mewah, tata rias mencolok serta dukungan alat mekanis untuk menghasilkan efek di panggung. Tema abad dijadikan acuan dalam lakon atau cerita dan pria maupun wanita tetap dimainkan oleh pria.

Noh juga merupakan teater musikal yang tertua di Jepang, dengan menggunakan nyanyian atau utai dan iringan musik atau hayashi juga tari- tarian dalam penceritaan dialog. Sedangkan ciri lain teater ini adalah dengan  memakai pakaian sutra warna - warni dan bersulam juga menggunakan topeng kayu, sehingga topeng tersebut memperjelas tokohnya.

Kyogen merupakan teater Jepang yang sifatnya lelucon, dengan amat gaya dalam pertunjukanya serta dengan aksi dialog. Teater ini dulu dipentaskan di sela- sela pementasan Noh akan tetapi sekarang dipentaskan sendiri dan teater kyogen ini tidak menggunakan topeng.

Bunraku mengalami populer pada abad ke - 16 dan merupakan teater boneka di Jepang serta dimainkan dengan iringan nyanyian dan sifatnya bercerita. Alat musik yang dimainkan adalah shamisen. Teater ini merupakan suatu bentuk teater yang paling halus di dunia.

Mithila - Orissa teater yang berasal dari Odisi India, teater ini juga menandai akan adanya pengaruh tarian di dalam interaksi budaya daerah.

Talchum diartikan secara harfiah adakah tari topeng yang dalam pertunjukan terdapat unsur tari, musik dan juga teater. Sedangkan para pemimpin menggunakan topeng juga memainkan naskah seperti dialog dan juga nyanyian, sehingga para pemain sandiwara dapat merahasiakan identitas mereka.

Pansori merupakan format dalam cerita, terdapat pemain sandiwara sebagai pusat yang menyampaikan dialog serta nyanyian menjadi cerita utuh, dan untuk pemain lain menambahkan seperti penggambaran suasana hati juga irama sesuai cerita serta dengan pukulan drum juga kata- kata yang disebut dengan chuimsae.

Seperti takchum dan Pansori ini tidak terdapat naskah tertulis dan hanya menggunakan sastra lisan yang berkembang turun temurun. Berikut ini video foto teater tradisional Teater Tradisional Jepang.

.Demikian Contoh karya seni teater tradisional mancanegara yang terdapat di Asia semoga bermanfaat.