Cara, alat dan teknik pembuatan kerajinan gerabah

shares

Cara, alat dan teknik pembuatan kerajinan gerabah - Tanah liat merupakan bahan dasar yang digunakan untuk membuat gerabah. Dengan melalui proses bahan tanah liat sebelum dibuat gerabah dengan melalui terlebih dahulu dalam beberapa tahapan serta bahan tambahan lain atau kaolin. Dengan menggunakan tangan langsung atau dengan alat putar untuk membentuk tanah liat.


Disesuaikan dengan fungsi benda tersebut pada saat digunakan dari bentuk gerabah yang akan dibuat. Sedangkan alat yang digunakan dalam membuat gerabah antara lain seperti kayu salab atau kayu rol penggilas, pisau, pisau cukil yang terbuat dari kayu/bambu, butsir dengan tangkai kayu, tali pemotong, sundip yang terbuat dari kawat dan meja putaran (subang pelarik).

Agar dalam prosesnya mudah dan efektif dalam membuat benda yang terbuat dari bahan tanah liat diperlukan teknik. Teknik yang digunakan oleh pembuat gerabah antara lain seperti teknik cetak tekan, teknik tuang, teknik pilin, teknik putar dan teknik lempeng.

Teknik Lempeng (Slabing) untuk membuat benda yang berbentuk kubistis serta memiliki permukaan rata dan dengan menggunakan rol kayu penggilas teknik ini diawali serta dengan pembuatan lempengan tanah liat. 

Cara, alat dan teknik pembuatan kerajinan gerabah

Dengan menggunakan pisau atau kawat sesuai dengan ukuran yang diinginkan setelah menjadi lempengan dengan ketebalan yang sama. Dengan demikian akan terbentuk bentuk kubus atau persegi yang kemudian pada saat tanah setengah kering tahap akhir diberi hiasan dengan cara ditoreh.

Teknik Pijat (Pinching) merupakan cara membuat keramik dengan memijat tanah liat langsung menggunakan tangan agar tidak mengelupas dan lebih padat dengan menggunakan teknik ini. Berikut ini teknik pijat yang dilakukan dalam membuat keramik antara lain:

Cara, alat dan teknik pembuatan kerajinan gerabah

  • Ambil segumpal tanah liat plastis.
  • Cara membentuk dengan dipijit menggunakan ibu jari juga diulet - ulet juga dibentuk sesuai dengan bentuk benda yang diinginkan.
  • Gunakan kuas atau kain halus untuk menghaluskan.

Teknik Pilin (Coiling) ini membentuk tanah liat dibentuk seperti tali atau dipilin. Teknik ini dengan segumpal tanah liat dibentuk pilinan ukuran dan panjang pilinan disesuaikan dengan kebutuhan dan disusun secara melingkar menjadi bentuk yang diinginkan dan setiap susunan ditekan juga ditambahkan air supaya menempel.

Cara, alat dan teknik pembuatan kerajinan gerabah

Teknik Putar (Throwing) diperlukan alat pelarik dan alat putar elektrik. Kemudian taruh ditengah - tengahnya dan taruh tanah liat di atas meja putar dan tekan tanah liat sambil diputar sehingga membentuk bentuk yang diinginkan seperti bentuk bulat atau silindris.

Cara, alat dan teknik pembuatan kerajinan gerabah

Teknik Cetak Tekan (Press) Dengan cara menekan tanah liat yang bentuknya sesuai dengan cetakan. dengan menggunakan teknik ini dapat dilakukan dengan mendapatkan hasil yang cepat.

Cara, alat dan teknik pembuatan kerajinan gerabah

Teknik Cor atau Tuang dengan menggunakan acuan alat cetak yang digunakan untuk membuat gerabah. Dengan menggunakan tanah liat cair dalam teknik ini dan cetakan terbuat dari gips. Kenapa menggunakan bahan Gips? karena bahan gips dapat menyerap air lebih cepat dan tanah liat menjadi cepat kering. Berikut ini jenis - jenis Kerajinan Gerabah.

Demikian Cara, alat dan teknik pembuatan kerajinan gerabah semoga bermanfaat.

Related Posts