"Bali Inilah Bali"

Tags


Tema mitologi dan unsur ikonografinya adalah melalui pengaruh India karena seni bali menjadi sasaran dari beberapa aliran pengaruh asing, seperti India dengan pengaruhnya tersebut juga Cina dengan membawa pengaruh arsitektur dan teknik lukisanya, sedangkan Islam dengan unsur- unsur biasanya. Selama berabad - abad pengaruh dari luar Bali datang dalam samaran Jawa dengan hubungan yang kuat antara kedua pulau itu.


Lukisan orang Barat yang dilihat oleh orang Bali pertama kali adalah sebuah kapal yang dipertunjukan dalam pulau itu pada tahun 1597. Dalam bentuk citra asing daripada citagaya selama berabad - abad unsur barat mempengaruhi dalam metode pilihan seniman Bali.

"Bali Inilah Bali"

Dengan melalui perubahan yang muncul setelah penaklukan Bali (1849- 1908) oleh Belanda dan dibawa ke museum mereka. Sedangkan penjajahan pada puncaknya ketika suatu proses kebudayaan setempat ke dalam kebudayaan barat, sehingga Belanda juga merupakan pembela kebudayaan Bali yang paling kukuh dan Timur mempengaruhi Barat.

Penjajahan telah menumbuhkan dalam produksi artistiknya sendiri pada abad ke - 19 di Jawa karena tampak terdapat jenis lukisan Mooi Indie yang memperindah keadaan negara di bawah peraturan penjajah., sehingga jenis yang sama akan muncul di Bali setelah Belanda mengambil alih. Karena pertumbuhan pariwisata dan lain pihak karena adanya tradisi seni rupa yang kaya.

Mungkin Bila bertanya siapa wisatawan yang pertama tiba di Bali dan terpikat lukisan? jawabanya adalah pada tahun 1920- an Nieuwenkamp dan foto G. Krause yang merupakan dua pendatang sebelum perang dunia I dengan karyanya berisi citra khas budaya dan kehidupan Bali.

Orang- orang seperti Noel Coward, Barbara Hutton dan Charlie Chaplin yang merupakan orang golongan atas yang pada tahun 1930 Bali menjadi tujuan yang elok. Pelukis asing dengan karya seni lukisnya melukiskan Bali dengan sebatas pemandangan alam yang indah, wanita telanjang dada, pria muda berbadan lentur dan kehidupan desa.

Sedangkan pencitaan Hindia sesuai dengan para pelukisnya sering melihat pulau Bali sebagai tempat untuk memenuhi khayalan. Selain itu juga penolakan seni terhadap Mooi Indie oleh para seniman nasionalis mengejutkan para seniman asing yang tidak dapat secara lebih luas terhadap pengaruh seni mereka.

Perkembangan seni baru sejakl tahun 1930-an telah menulis orang barat terutama Bonnetdan Spies sebagai penyebab munculnya seni Bali modern, dan hal itu hanya menjadi mitos saja karena perubahan Bali mendahului kedatangan orang Barat melalui ragam bentuk pada gaya Bali pada tahun 1930-an.

Pada tahun 1930-an ini muncul citra kekuasaan dan kegelapan seperti  tiruan bentuk adegan tak berakhir pada pasar wisata merupakan salah satu hasil campur tangan ini. Seniman Bali dan seniman Barat pada pertemuanya seniman tidak dapat dibandingkan.

Setelah mengatakan "inilah Bali" dari seniman setempat melalui hasil karya seni yang menyenangkan orang Barat, dan orang asing yang peduli seperti Spies menggunakan tema- tema setempat sedangkan lainya membiarkan secara berat sebelah seperti perbedaan kekayaan dan kekuasaan.

Demikian "Bali Inilah Bali" semoga dapat menjadi rujukan dan bermanfaat.